Tips Menagih Utang ke Teman atau Keluarga yang Banyak Alasan

Hutang piutang menjadi hal yang sensitif bagi banyak orang, apalagi yang berhutang masih memiliki hubungan keluarga atau teman dekat. Rasa tidak enak ketika ingin menagih hutang ke teman atau keluarga terkadang yang ditagih lebih galak daripada penagihnya.

Di sisi lain hutang yang Kamu berikan kepada teman atau keluarga tidak selalu menuntut bunga hutang, hanya saja yang Kamu inginkan adalah kapan hutang tersebut akan dibayarkan. Jika harus menunggu tanpa menagihnya, terkadang menjadi hal yang mustahil dilakukan. Ketika Kamu sedang butuh lalu teman atau keluarga yang berhutang tidak peduli atau malah lebih cuek dengan keadaanmu saat ini.

Hutang yang Kamu berikan kepada teman atau keluarga dalam menagih adalah komitmen yang sangat sulit, karena dalam menagihnya akan susah-susah gampang, kedekatan secara personal menjadi alasan Kamu mudahnya memberikan hutang kepada teman atau keluarga, disaat Kamu butuh untuk menggunakan uang tersebut dan jika tidak berhasil melakukan penagihan, maka akan berdampak membuat hubungan teman atau keluarga menjadi tidak baik. jadi sebelum Kamu memberikan hutang kepada teman atau keluarga dari awal harus ada kesepakatan tentang bagaimana pembayaran hutang tersebut secara pasti supaya tidak berdampak pada hubungan kamu dengan teman atau keluarga. 

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan supaya lekas dibayar? simak uraiannya dibawah ini ya.

Tips Menagih Hutang ke Teman Atau Keluarga

Bagaimana caranya menagih hutang ke kerabat atau teman dekat tanpa harus mengandalkan otot atau bisa jadi Kamu yang memberikan hutang malah lebih emosi karena kebanyakan si yang punya hutang lebih galak ketika di tagih. Hal ini sering terjadi dalam bermasyarakat umum maupun pribadi.

Jika bisa menggunakan cara penagihan yang resmi seperti kebanyakan Bank di Indonesia lakukan, mungkin Kamu akan mencobanya, akan tetapi masih ada rasa tidak tega ketika menagih hutang menggunakan jalur hukum, entah nominalnya besar ataupun kecil. banyak yang cara menagih hutang dengan mengancam atau emosi ke teman atau keluarga, ketika cara ancaman banyak sekali tidak mampu membuat si penghutang menjadi sadar akan hutangnya, maka Kamu bisa mencoba tips dibawah ini,

  1. Penjelasan Waktu Pembayaran
    Langkah pertama sebelum memberikan hutang ke teman atau keluarga adalah bicarakan tenggang waktu kapan hutang tersebut akan dikembalikan, lalu jika kedua belah pihak sudah menyetujuinya makan Kamu baru bisa memberikan sejumlah nominal yang dibutuhkan keluarga atau teman. Ketika sudah waktunya membayar hutang, Kamu bisa menagih-nya seperti ketika mengobrol biasa, jadi jangan ada marah-marah atau emosi supaya hubungan kalian tetap harmonis, salah satu tips yang terbaik adalah Kamu bisa membalikkan obrolan kepada teman atau keluarga jika Kamu sedang butuh uang juga.
  1. Beri Tahu Keadaan Kamu Sekarang
    Langkah selanjutnya adalah memberi tahu keadaan kebutuhan Kamu sekarang ini, Hal ini bisa jadi cara menagih kepada teman atau keluarga yang ampuh, karena kedua belah pihak sama-sama mengerti kebutuhan masing-masing.

    Contohnya, Kamu bercerita ke teman atau keluarga yang bersangkutan sedang memerlukan uang banyak karena untuk membayar tagihan kredit masih belum cukup, lalu Kamu bisa menanyakan apakah uang yang dipinjam sudah ada apa tidak, jika sudah ada, Kamu bisa secara halus menagihnya. cara ini juga bisa disebut oleh kaum kekinian Kode Keras Piutang. semoga teman atau keluarga yang memiliki hutang sama Kamu Peka, ya!
  2. Datang Langsung ke Tempat Tinggalnya
    Langkah selanjutnya masih salah satu langkah yang cukup halus untuk menagih hutang adalah datang ke tempat tinggal teman atau keluarga yang memiliki hutang sama Kamu, dengan tidak menggunakan nada tinggi atau sikap marah-marah ketika berbicara menjadi solusi baik supaya teman atau keluarga mengerti jika Kamu ingin menagih hutang.
  3. Menagih Hutang Lewat Chat Pribadi
    Jika Kamu sungkan atau tidak berani menagih langsung hutang teman atau keluarga, cara ampuh selanjutnya adalah dengan mengirim pesan pribadi, bisa lewat Whatsapp, Line, atau pesan singkat lainnya. Cara ini salah satu ampuh untuk menagih hutang tanpa harus bertatap muka.
  4. Menyita Barang Berharga
    Langkah yang mungkin bisa memberikan efek jera kepada penghutang adalah menyita barang yang berharga, akan tetapi menyita barang yang setara dengan nominal hutang yang teman atau keluarga miliki. berikan penjelasan tentang hutang yang akan Kamu tagih dengan nada rendah supaya hubungan kalian tetap harmonis.
  5. Menghubungi Pihak Ketiga atau Keluarga Penghutang
    Langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk menagih hutang namun tidak dipedulikan oleh teman atau keluarga yang mempunyai hutang, cara menghubungi pihak ketiga seperti debt collector atau pihak keluarga yang ingin membantu menagihkan hutang ke kerabatnya. Akan tetapi biasanya cara ini merupakan cara menagih hutang dengan nominal yang sangat besar, karena kamu juga harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa pihak ketiga. 

Itulah beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk menagih Hutang ke teman atau keluarga yang banyak alasan, selamat mencoba ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.