Tips Melunasi Pinjaman Dengan Cepat

Tidak dipungkiri bahwa kita mungkin tergiur untuk berhutang atau mengambil pinjaman karena suatu hal yang mendesak, bukan karena tujuan foya-foya. Namun kedepannya, Anda juga perlu strategi agar Anda dapat melunasi pinjaman Anda. Nah berikut ini ada beberapa tips melunasi pinjaman dengan cepat yang dilansir dari pakar ekonomi.

1. Buat Anggaran Khusus

Langkah pertama untuk menghilangkan masalah hutang adalah membuat anggaran. Untuk melacak pengeluaran dan pendapatan Anda, pertimbangkan mengintsal aplikasi penganggaran. Jangan lupa juga untuk mengatur pengingat agar Anda tidak terlambat melakukan pembayaran sehingga bunga akan membengkak dan mempengaruhi skor kredit Anda.

Anda isa menganggap jika ini adalah anggaran tabungan Anda meski memang sebenarnya merupakan dana yang harus Anda setorkan. Pastikan juga untuk melakukan pembayaran sesegera mungkin sesaat setelah Anda mendapatkan gaji Anda.

 2. Lunasi Utang Termahal Dulu

Urutkan bunga dari pinjaman kredit Anda dari tertinggi ke terendah, lalu tangani kartu dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan melunasi saldo dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, Anda meningkatkan pembayaran pada kartu kredit dengan tingkat persentase tahunan tertinggi sambil terus melakukan pembayaran minimum pada sisa hutang Anda.

3. Bayar Lebih Dari Saldo Minimum

Untuk mengurangi hutang Anda, Anda bisa memilih untuk membayar lebih dari saldo minimum pada tagihan setiap bulan. Membatasi pembayaran hutang Anda hingga cicilan bulanan minimum adalah cara yang mahal untuk mengelola hutang dan bukan merupakan solusi jangka panjang yang disarankan.

Sangat direkomendasikan untuk melunasi saldo pinjaman Anda secepat mungkin untuk menghemat uang dan memberikan Anda sedikit ruang untuk bernafas di masa depan. Memang akan terasa berat di awal, namun bukankah Anda mungkin sudah menikmati hasil dari Anda membeli sesuatu dengan kredit atau pinjaman?

4. Hentikan Pengeluaran Anda Yang Tidak Penting

Ingin berhenti menambah utang? Keluarkan semua kartu kredit dari dompet Anda, dan tinggalkan di rumah saat Anda berbelanja. Hapus juga aplikasi belanja online yang mungkin akan menggoda Anda untuk terus berbelanja dengan menggunakan paylater atau sistem kredit lainnya. Hentikan pengeluaran dengan Anda sampai keuangan Anda benar-benar terkendali.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan menulis daftar pengeluaran bulanan dan juga pendapatan Anda termasuk membuat bduget khusus seperti pada poin pertama di atas. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan ekstra untuk melunasi pinjaman Anda.

5. Ubah Kebiasaan Anda

Luangkan waktu untuk memikirkan dan mengevaluasi bagaimana Anda menghabiskan uang setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. Apakah Anda benar-benar membutuhkan benda yang Anda beli ? Bisakah Anda membawa makan siang Anda ke kantor daripada membelinya empat kali seminggu? Kira-kira apa yang perlu diubah tanpa terlalu banyak mengorbankan hidup Anda?

Hal ini masih berkaitan dengan poin ke empat dimana Anda harus mencatat mana yang termasuk kebutuhan primer Anda dan mana yang termasuk sekunder dan tersier. Hidup Anda tidak akan berat bila Anda dapat membedakan kebutuhan tersebut. 

6. Tambah Penghasilan Dengan Usaha Sampingan

Usaha sampingan dapat menciptakan keragaman dalam aliran pendapatan Anda dan, dengan sedikit keberuntungan dan banyak kerja keras, hal ini bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang bisa Anda lakukan penuh waktu. Tambahan uang beberapa ratus ribu seminggu atau bahkan sebulan sekalipun dapat memberikan dampak pada kesehatan finansial Anda. Oleh karena itu pertimbangkan dengan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melunasi pinjaman Anda dengan cepat. Kedisiplinan dan juga ketelitian akan membantu Anda dalam melewati masa ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Leave a comment

Your email address will not be published.