Perhatikan Hal Berikut Agar Pinjaman KUR Disetujui

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan geliat perekonomian melalui pinjaman yang ditujukan sebagai modal usaha. KUR memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis pinjaman lainnya. Namun di sisi proses persyaratan agar dapat disetujui ini cukup sulit karena akan diawasi langsung oleh bank. 

Sebelum melihat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat mengajukan pinjaman KUR, berikut ini adalah beberapa keuntungan untuk melakukan peminjaman KUR.

  1. Tidak memiliki agunan untuk pinjaman kurang dari 20 juta rupiah. Hal ini karena pihak pemberi pinjaman yakni Bank sudah bekerja sama dengan pemerintah. Pasalnya pinjaman ini ditujukan agar tidak memberatkan pihak UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah.
  2. Tenor yang diberikan oleh Pinjaman KUR juga terbilang panjang dan tidak akan membebani pengusaha. Oleh karena itulah ini bisa menjadi pilihan tepat untuk yang mencari modal.
  3. Bunga pinjaman KUR juga sangatlah ringan. Anda bahkan bisa mendapatkan bunga dibawah 7% per tahun dari pinjaman Anda pada pemberi pinjaman tertentu.

Itulah beberapa keuntungan dari pinjaman KUR. Oleh karena itulah pinjaman jenis ini ditujukan untuk mereka yang mencari modal. Sedangkan beberapa hal yang perlu Anda siapkan agar pengajuan pinjaman Anda disetujui adalah sebagai berikut.

1. Jaga Skor Kredit Anda

Baik pinjaman KUR maupun jenis pinjaman lainnya sangat memperhatikan rekam jejak dari calon peminjamnya. Oleh karena itulah, jaga rekam jejak rekening Anda termasuk juga jaga skor kredit Anda apabila Anda memiliki angsuran bayarlah tepat waktu. Adapun juga jangan sampai rekening Anda terindikasi dalam kegiatan yang mencurigakan seperti pencucian uang atau hal ilegal lainnya.

2. Masuk dalam e Commerce

Pinjaman KUR ditujukan untuk mereka yang mencari modal usaha. Oleh karena itulah usaha yang Anda minta untuk didukung dengan modal juga harus meyakinkan. Salah satunya adalah dengan masuk ke e Commerce atau pasar digital. Dengan demikian pihak pemberi pinjaman juga dapat menilai apakah usaha Anda layak untuk diberi bantuan atau tidak.

3. Fokus Pada 1 Bank Dulu

Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman KUR, maka fokuslah pada 1 bank dulu. Apabila ditolak, Anda baru sebaiknya mengajukan pada bank lainnya. Selain itu, apabila Anda sudah diterima pengajuan pinjaman KUR pada satu bank disarankan untuk tidak mengajukan pinjaman ke bank lainnya karena kecil kemungkinan akan diterima.

4. Tentukan Detail Pengajuan Modal

Untuk pengajuan pinjaman KUR, pastikan Anda memberikan detail untuk apa saja modal itu akan dibelanjakan dan apa dampaknya untuk usaha Anda nantinya. Pihak pemberi pinjaman akan menilai apakah usaha Anda layak untuk diberikan suntikan modal atau tidak dari hasil presentasi Anda. Jika dinilai dibutuhkan dan berdampak, maka pengajuan pasti akan diterima.

5. Lengkapi Persyaratan

Hal ini tentu ada dalam setiap proses pengajuan peminjaman. Pastikan bahwa semua persyaratan sudah dilengkapi saat Anda mengajukan ke bank termasuk pada poin nomor empat. Melihat semua persyaratan sudah dilengkapi dan sesuai tentu pihak bank akan memberikan pertimbangan lebih baik.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat pengajuan pinjaman KUR. Setidaknya Anda juga harus menjalankan bisnis atau usaha Anda selama 6 bulan atau lebih agar dapat terlihat peluang dari bisnis Anda sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga performa usaha atau bisnis Anda agar terlihat lebih menjanjikan.

Leave a comment

Your email address will not be published.