Perbedaan Pinjaman KTA, KMG dan KUR

Image

Pinjaman KTA

Yang pertama ada Pinjaman KTA atau yang merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman jenis ini seperti namanya merupakan bentuk hutang yang tidak mewajibkan peminjam untuk memberikan jaminan surat berharga atau jaminan lainnya. Umumnya KTA ini ditawarkan secara digital oleh koperasi atau badan usaha lain.

Untuk Pinjaman KTA ini sebaiknya dipilih secara hati-hati karena dua hal. Yang pertama adalah karena banyak penyedia jasa KTA yang ilegal atau tidak terdaftat pada OJK dan otoritas lainnya. Yang kedua adalah bunga yang cukup tinggi dan juga umumnya waktu pinjaman yang lebih pendek daripada jenis lainnya.

Untuk jenis pinjaman KTA ini, sangat disarankan untuk dipilih apabila Anda akan meminjam dalam keadaan yang benar-benar terdesak karena waktu pencairan yang cepat dan juga lebih mudah. Sedangkan hal lainnya yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah jumlah pinjamannya karena terbilang sangat besar.

Hal lainnya yang juga seringkali mendapatkan sorotan adalah masalah keamanan data. Data menjadi jaminan bagi KTA mulai dari foto diri dan juga foto KTP termasuk data pribadi lainnya. Hal ini seringkali dianggap tidak aman karena data kita mudah tersebar. Oleh karena itu bijaklah dalam memilih.

Pinjaman KMG

Selanjutnya ada Pinjaman KMG atau yang merupakan singkatan dari Kredit Multiguna. Pinjaman jenis ini dianggap lebih disarankan sebagai modal usaha. Pasalnya, pinjaman yang diberikan cukup besar mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Namun tentu saja ada agunan atau jaminan yang perlu diberikan yakni surat berharga seperti BPKB kendaraan, surat tanah dan lainnya.

Tenor dari jenis pinjaman ini juga terbilang ringan yakni bisa mencapai waktu 25 tahun. Hal lainnya yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jenis pinjaman ini adalah karena bunganya yang ringan yakni umumnya dibawah 1% per bulannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa pinjaman jenis ini lebih disarankan untuk mereka yang ingin mencari modal usaha atau kebutuhan besar lain.

Pinjaman KUR

Jenis pinjaman selanjutnya adalah Pinjaman KUR yang merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Meskipun pinjaman KMG juga diisarankan untuk mencari modal usaha, KUR sebenarnya lebih ditujukan untuk itu, KUR ditujukan untuk UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah atau juga koperasi karena bunga yang ditetapkan oleh pemerintah jauh lebih kecil.

Hanya saja tidak semua jenis UMKM dapat dibiayai modalnya oleh KUR. UMKM yang bisa mendapatkan pinjaman modal KUR adalah usaha yang bersifat produktif dan juga feasible atau mudah atau layak untuk dilakukan. Oleh karena itu mungkin pengajuannya akan lebih rumit ketimbang jenis pinjaman lainnya.

Namun karena program pinjaman KUR ini dibantu oleh pemerintah, untuk jumlah pinjaman dibawah 25 juta rupiah Anda tidak perlu menyediakan jaminan apapun di pemberi pinjaman yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Bunga yang dibebankan oleh peminjam pun tergolong ringan karena dapat ditekan hingga 7% per tahunnya.

Dengan memahami perbedaan antara pinjaman KTA, KMG dan juga KUR semoga Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai mana yang bisa menjadi pilihan tepat apabila Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan tertentu atau untuk tujuan mendadak. 

Leave a comment

Your email address will not be published.