Mengajukan Pinjaman Modal Usaha, Ini yang Harus Diperhatikan

Mengajukan pinjaman modal usaha memang sedikit sulit, tapi mudah dilakukan apabila paham strateginya. Biasanya dana yang didapat dari pinjaman itu digunakan untuk menambah modal atau justru untuk modal pertama, yaitu untuk memulai usaha. 

Namun, seringkali pelaku usaha merasa kesulitan dalam mengajukan pinjaman modal. Jika kamu merasa kesulitan dalam mengajukan pinjaman modal usaha, sebenarnya penyebabnya adalah minimnya pemahaman tentang cara mengajukan pinjaman modal usaha, selain itu juga karena kurangnya strategi dalam pengajuan.

5 Hal Penting Dalam Mengajukan Pinjaman modal usaha

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam proses pengajuan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha atau memulai usaha. Usaha yang baik adalah usaha yang berkembang, bukan sekedar memberi pemasukan, akan tetapi juga usaha yang mengalami perkembangan dan peningkatan.

Peningkatan dan perkembangan tidak akan dicapai apabila pelaku usaha itu sendiri tidak melakukan upaya mengembangkan usaha miliknya. Salah satu upaya mengembangkan usaha adalah menambah modal melalui pinjaman. Berikut ini hal-hal penting dalam mengajukan pinjaman modal yang harus kamu perhatikan.

  1. Tentukan jenis pinjaman

Bagi kamu pelaku usaha yang berniat mengembangkan usaha dengan cara meminjam modal dari pinjaman modal usaha. Sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu jenis pinjaman apa yang kamu akan pilih, pastikan jenis pinjaman yang kamu pilih adalah jenis pinjaman yang kamu butuhkan.

Secara umum ada dua jenis pinjaman modal usaha, yaitu kredit modal kerja dan kredit modal investasi. Kredit modal kerja adalah pinjamna yang diajukan untuk menambah modal ataupun modal awal. Biasanya pihak bank akan memberikan waktu sekitar 1 tahun untuk kamu yang mengambil jenis pinjaman yang pertama.

Adapun jenis pinjaman yang kedua adalah kredit investasi, yaitu pinjaman usaha yang biasanya digunakan oleh debitur yang sudah memiliki modal, namun ingin mengembangkan usahanya. Untuk jenis pinjaman yang kedua ini biasanya bank memberikan waktu lebih lama, sekitar 5 tahun.

Salah satu alasan dari pengajuan kredit yang tidak diterima adalah ketidaksesuaian pengajuan pinjaman modal usaha dengan layanan jasa yang dituju. Misalnya, kamu membutuhkan modal awal, tapi tanpa mempelajari lebih dalam lagi, kamu malah mengajukan kredit pinjaman jenis kredit investasi.

  1. Tentukan pinjaman agunan atau tanpa agunan

Salah satu penyebab pengajuan pinjaman modal usaha kamu ditolak adalah proses verifikasi yang terlalu ribet dan memakan waktu. Jika kamu menginginkan pinjaman pinjaman modal usaha yang mudah diterima dan cepat dalam proses pencairan dana pinjaman, maka sebaiknya kamu pilih pinjaman tanpa agunan.

Pinjaman dengan agunan memang menawarkan limit yang besar, waktu pembayaran yang lama dan bunga yang rendah. Namun, proses verifikasi yang rumit ditambah dengan waktu pencairan dana pinjaman yang cukup lama akan membuat kamu kesulitan.

Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan, kamu akan mudah mendapatkan pinjaman dana modal dengan mudah dan cepat, namun memang kekurangannya adalah bunga cenderung lebih tinggi dan waktu pembayaran yang tidak terlalu lama.

  1. Siapkan persyaratan dan dokumen pengajuan

Tips selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan persyaratan dan dokumen pengajuan yang lengkap. Sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman pinjaman modal usaha. Setelah itu barulah kamu melakukan pengajuan.

Mengajukan pinjaman pinjaman modal usaha tanpa mempersiapkan dokumen dan persyaratan terlebih dahulu akan membuat kamu kerepotan dan lebih memakan waktu lagi. Beberapa dokumen penting untuk pengajuan pinjaman modal usaha antara lain biasanya KTP, KK, NPWP dan surat-surat terkait usaha.

  1. Perhatikan kapasitas usaha kamu

Pihak bank biasanya akan melihat terlebih dahulu kapasitas kamu selaku pelaku UKM dalam membayar cicilan bulanan dari pinjaman modal usaha yang kamu ajukan, pastikan usaha kamu sudah memiliki kapasitas untuk membayar cicilan kredit dari dana yang kamu pinjam.

Selain merugikan pihak bank, ketidakmampuan kamu untuk membayar hutang pinjaman modal usaha juga akan membuat kamu rugi, maka dari itu sebaiknya kamu benatr-benar pahami bagaimana kapasitas usahamu. Tanya terlebih dahulu apakah kamu mampu membayar cicilan pinjaman modal usaha yang akan kamu ajukan?

  1. Ajukan jaminan yang sebanding

Sering kali pengajuan pinjaman modal usaha ditolak lantaran pengajuan jaminan tidak sebanding dengan jumlah uang yang akan dipinjam. Maka dari itu sebaiknya kamu ajukan jaminan yang sebanding dengan uang yang akan kamu pinjam melalui pinjaman modal usaha itu.

Jaminan sangat penting dalam membangun kepercayaan (trust) antara nasabah dengan pihak bank dalam urusan pinjam meminjam uang, jadi itu merupakan hal penting yang harus kamu siapkan untuk meyakinkan bahwa kamu memang layak mendapatkan pinjaman itu dari bank.

Demikian penjelasan tentang hal-hal penting dalam mengajukan pinjaman modal usaha agar yang harus kamu perhatikan, setiap usaha tentu memerlukan modal untuk mengembangkan usaha itu lebih baik lagi, namun hati-hatilah dalam mengajukan kredit pinjaman modal agar kamu tidak mengalami kerugian.

Leave a comment

Your email address will not be published.