Jenis Pinjaman yang Disediakan Bank Untuk Masyarakat

Setiap bank pasti menawarkan pinjaman kepada masyarakat untuk memudahkan mereka dalam menghadapi masalah keuangan. Biasanya masyarakat akan ditawari jasa pinjaman uang dengan bunga tertentu setiap hari atau bulannya, beserta denda apabila kesulitan dalam proses pembayarannya.

Namun ketika kamu hendak meminjam uang ke bank untuk suatu hal, kamu harus pahami dulu jenis pinjaman dapa yang akan kamu pilih dari berbagai jenis pinjaman yang disediakan oleh bank. Pastikan kamu memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kesalahan dalam memilih jenis pinjaman dari bank akan membuatmu kesulitan, baik dari proses pembayaran atau dari penggunaan dana itu sendiri. Berikut ini penjelasan tentang macam-macam jenis pinjaman yang disediakan bank untuk masyarakat.

Macam-Macam Jenis Pinjaman Bank

Pentingnya memahami macam-macam jenis pinjaman bank untuk masyarakat adalah membantu kelancaran proses pinjaman yang kamu ajukan, karena bank hanya akan mencairkan pinjamannya kepada orang yang tepat. Berikut ini beberapa jenis pinjaman bank untuk masyarakat.

  1. Pinjaman uang dengan agunan

Pinjaman uang dengan agunan adalah pinjaman uang dari bank untuk masyarakat dengan menyertai agunan atau jaminan. Pinjaman jenis ini kemudian terbagi menjadi dua produk bank pada umumnya, diantaranya ialah kredit multiguna dan tempat gadai.

Kredit multiguna adalah produk pinjaman dari bank kepada masyarakat dengan disertai jaminan atau agunan, kemudian uang yang akan dipinjamkan biasanya harus senilai atau sebanding dengan agunan yang diajukan. Biasanya bank juga akan memperhatikan kapasitas peminjam dalam membayar hutang tersebut.

Adapun tempat gadai adalah produk jasa pinjaman dari bank yang biasanya kamu akan diminta menggadaikan barang-barang tertentu untuk mendapatkan dana pinjaman, umumnya barang yang kamu gadaikan lebih berharga dari uang yang dipinjam.

Pinjaman gadai memang tidak terdapat di setiap bank, hanya bank tertentu saja yang menyediakannya, namun model pinjaman seperti ini dapat kamu temukan di lembaga pegadaian.

  1. Pinjaman tanpa agunan

Selanjutnya adalah pinjaman tanpa agunan, yaitu pinjaman yang diberikan kepada masyarakat tanpa jaminan tertentu. Perbedaannya dengan jenis yang sebelumnya tentu saja sangat jelas. Kamu tidak perlu menyerahkan jaminan untuk mendapatkan jenis pinjaman yang satu ini.

Akan tetapi kekurangannya adalah jenis pinjaman tanpa agunan biasanya mematok bunga yang cenderung lebih besar, selain itu juga jangka waktu pembayaran yang singkat atau pendek, serta limit pinjaman yang ditawarkan tidak terlalu besar.

  1. Pinjaman khusus modal

Beberapa bank di Indonesia mulai memperhatikan layanan kebutuhan dana modal bagi masyarakat yang ingin memulai usaha atau bahkan mengembangkan usaha. Pinjaman khusus modal merupakan salah satu jenis pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai bank di Indonesia.

Tentu saja orang-orang yang mengajukan pinjaman ini merupakan pelaku usaha, mereka akan mengajukan modal untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha. Biasanya syarat untuk mendapatkan pinjaman dengan jenis yang satu ini adalah memiliki usaha yang sudah berjalan dan punya pemasukan.

Biasanya ada beberapa syarat yang ditentukan oleh masing-masing bank, misalnya bank A akan meminjamkan modal usaha kepada pelaku usaha yang telah menjalankan usahanya minimal 2 tahun dan telah memiliki pemasukan minimal 3 juta per bulan.

Namun ada juga bank yang benar-benar membantu masyarakat dalam memulai membuka usaha, mereka biasanya akan memberikan pinjaman modal dengan limit tertentu untuk masyarakat yang hendak usaha.

  1. Kartu kredit

Sekilas memang kartu kredit seperti bukan pinjaman, namun apakah kamu tahu bahwa sebenarnya kartu kredit yang kerap ditawarkan oleh bank untuk kita gunakan adalah salah satu dari beberapa jenis pinjaman. Karena kamu akan dipinjamkan saldo untuk belanja, kemudian membayarnya di waktu lain.

Untuk mendapatkan produk pinjaman yang satu ini biasanya kamu akan dimintai data diri selengkap mungkin, kamu akan mendapatkan layanan yang satu ini apabila kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan, sehingga bank akan mengetahui bahwa kamu memiliki kapasitas membayar hutang.

Kartu kredit sama dengan sistem paylater yang saat ini banyak digunakan oleh setiap orang, pada dasarnya setiap orang yang menggunakan kartu kredit atau paylater itu sedang meminjam uang atau menikmati jasa pinjaman uang. Maka dari itu kartu kredit termasuk jenis pinjaman uang.

  1. Pinjaman online

Selanjutnya adalah pinjaman online, jenis pinjaman ini pada dasarnya sama saja dengan pinjaman pada umumnya, namun bedanya adalah pinjaman ini dilakukan secara online, atau berbasis teknologi dan internet. Pinjaman online biasanya dibatasi oleh bank dengan limit pinjaman yang rendah.

Demikian penjelasan tentang jenis pinjaman online yang disediakan oleh bank untuk masyarakat, apabila kamu ingin meminjam uang dari beberapa jenis pinjaman online di atas maka sebaiknya pastikan kamu memilih bank yang tepat, yaitu bank yang membuatmu nyaman dalam proses pencairan sampai pembayaran.

Leave a comment

Your email address will not be published.