Intip Perbedaan Kartu Kredit dengan Pay Later

Saat ini pay later atau pembayaran nanti menjadi sistem pembayaran yang banyak dipakai oleh masyarakat. Apalagi, berbagai platform e-commerce banyak memakai metode pembayaran ini guna membayar jasa atau barang yang mereka jual. 

Penggunaan pay later ini menjadi banyak digunakan sebab masyarakat dapat membeli barang mereka incar saat itu juga tetapi bisa membayar pada saat sudah gajian. Hal tersebut sama dengan metode pembayaran memakai metode kartu kredit. 

Tetapi, dengan hadirnya pay later ini membuat masyarakat beralih ke pay later dibandingkan dengan kartu kredit. Nah, di bawah ini ada beberapa perbedaan dari kartu kredit dan pay later. 

Bedanya Pay Later dan Kartu Kredit 

Ternyata ada banyak perbedaan dari pay later dan kartu kredit yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya berikut ini. 

  1. Penyedia layanan 

Pay later dan kartu kredit dibuat oleh penyedia yang tidak sama. Kartu kredit sudah pasti disediakan atau dikelola oleh bank, sementara pay later adalah layanan dari hasil kerjasama dari suatu platform e-commerce dengan salah satu perusahaan. 

  1. Syarat pengajuan 

Persyaratan pay later lebih mudah dibandingkan syarat membuat kartu kredit. Saat pengajuan pembuatan kartu kredit, kamu wajib menyerahkan KTP, surat pemberitahuan pajak, bukti pendapatan berbentuk slip gaji dan bukti lainnya. 

Sementara pay later, kamu hanya perlu mempunyai KTP dan berumur 21 tahun saja untuk melakukan pengajuan pembuatan pay later. 

  1. Ruang lingkup 

Di dalam ruang lingkupnya, pay later dan kartu kredit memiliki perbedaan yang sangat jelas. Jangkauan kartu kredit sangat luas dibandingkan dengan pay later. Misalnya, kartu kredit dapat dipakai di semua platform atau toko. Sementara pay later hanya bisa dipakai pada platform tertentu saja. 

  1. Tenor pinjaman 

Tidak hanya menyediakan layanan, pay later dan kartu kredit juga mempunyai perbedaan pada tenor pinjaman. Pada umumnya, kartu kredit mempunyai tenor lebih panjang dibandingkan pay later. Apabila kartu kredit mempunyai tenor mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan. Sementara pay later memiliki tenor sangat pendek yakni hanya 1 sampai 12 bulan saja. 

  1. Batas pinjaman 

Pay later tidak mempunyai limit pinjaman sebesar kartu kredit. Pada umumnya limit kartu kredit sesuai dengan slip penghasilan yang diserahkan di awal pembuatan. Lalu pay later hanya memberikan limit kecil untuk pinjaman. 

Keuntungan Menggunakan Pay Later 

Popularitasnya yang belakang ini semakin meningkat sebab fasilitas ini ada di berbagai platform online sampai di berbagai merchant. Di bawah ini ada beberapa keuntungan menggunakan pay later yang perlu kamu ketahui. 

  1. Pengajuan mudah 

Pay later memiliki proses yang mudah saat kamu ingin membuatnya, bahkan dapat dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengunggah swafoto dan foto identitas, pengajuan nya bisa langsung disetujui. Sehingga, jangka penggunaannya menjadi lebih luas. 

  1. Pilihan tenor 

Dalan fitur pay later ada pilihan tenor atau jangka waktu angsuran yang dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan mu. Ada pun pilihan tenor dalam pay later yang disediakan dari pihak e-wallet atau e-commerce yaitu 1 bulan hingga 12 bulan. 

  1. Promo 

Demi mendapatkan perhatian dari publik, penyedia layanan yang satu ini tidak pernah absen untuk memberikan promo sampai diskon yang bisa menguntungkan. Semakin berkembangnya metode pembayaran pay later, maka semakin banyak juga promo yang diberikan. 

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit 

Kartu kredit adalah salah satu metode pembayaran yang sudah lama populer bukan hanya di tanah air saja, namun juga di seluruh dunia. Tentunya kartu kredit memberikan berbagai keuntungan untuk para penggunanya seperti berikut ini. 

  1. Lebih aman 

Kartu kredit memiliki keamanan yang sangat bagus daripada alat bayar misalnya uang tunai. Karena bila terjadi pencurian, kamu bisa memblokir kartu dengan mudah sehingga tidak bisa dipakai oleh orang lain. 

  1. Bisa digunakan secara internasional

Salah satu keuntungan memakai kartu kredit yang tidak ada dalam metode pembayaran pay later yaitu kartu kredit bisa dipakai secara internasional. Hampir semua kartu kredit diterima dan bisa dipakai pada berbagai penjual atau toko di semua belahan dunia yang memiliki fasilitas pembayaran memakai kartu kredit. 

Selain itu, kartu kredit pun menjadi alternatif yang bisa dipakai oleh orang-orang yang ingin belanja pada marketplace internasional seperti Ebay atau Amazon. 

  1. Bisa tarik tunai 

Keuntungan dari kartu kredit ini sangat digemari oleh para penggunanya yaitu bisa digunakan untuk menarik uang cash di ATM menggunakan fitur cash advance. Adanya fitur ini, pengguna kartu kredit dapat memperoleh pinjaman instan tanpa agunan dengan memakai kartu kredit untuk mengambil uang tunai di ATM. 

Nah, itu tadi beberapa perbedaan dan keuntungan dari metode pembayaran kartu kredit dan pay later. Dengan membaca ulasan di atas, diharapkan kamu bisa menentukan ingin menggunakan metode pembayaran yang mana. Selamat mencoba! 

Leave a comment

Your email address will not be published.