Hal Yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Pinjaman KTA

Memilih Pinjaman KTA karena faktor yang sangat mendesak mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya jenis pinjaman tanpa adanya agunan atau jaminan ini dapat diberikan dalam jangka waktu yang sangat cepat yakni dalam hari yang sama. Oleh karena itulah KTA seringkali dipilih sebagai opsi saat kebutuhan sangat mendesak. Namun tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Legal dan Terdaftar

Hal yang pertama yang wajib Anda perhatikan apabila Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA adalah legalitasnya. Legalitas ini bisa dicek apakah sudah terdaftar dalam OJK atau Otoritas Jasa Keuangan atau belum. Apabila belum maka bisa dicurigai bila penyedia jasa tersebut termasuk ilegal atau tidak berijin. Apabila tidak berijin, maka ada beberapa resiko yang akan dihadapi.

Resiko yang pertama adalah data yang akan Anda gunakan sebagai syarat pendaftaran tidak terjamin aman. Dan apabila data tersebut tersebar, Anda sulit untuk melakukan tuntutan atau pertanggung jawaban karena tidak diawasi oleh pemerintah. Resiko yang lainnya bisa seperti penagihan yang tidak sopan atau bahkan menjurus ke arah teror.

2. Biaya Administrasi

Hal lainya yang wajib Anda perhatikan dalam memilih pinjaman KTA adalah biaya administrasi. Bunga yang dibebankan memang tidak begitu besar dan umumnya sama seperti pinjaman lainya. Namun di luar itu, ada biaya adminisitrasi yang sangatlah besar jumlahnya. Bahkan Anda bisa diwajibkan untuk membayar 25% atau bahkan bisa saja lebih dari pinjaman Anda.

Oleh karena itulah perhatikan dengan baik kontrak pinjaman Anda termasuk juga pertimbangkan dengan baik untuk melakukan pinjaman KTA karena biaya admin yang mahal. Ditambah tenor yang singkat, mungkin ini akan sangat memberatkan.

3. Tenor Tergolong Sangat Singkat

Pinjaman KTA umumnya tidak akan memberikan tenor panjang dan juga biaya yang besar. Jumlahnya akan bertambah seiring dengan semakin sering Anda meminjam dan memiliki catatan baik pada pemberi hutang. Tenor yang sangat singkat ini bahkan ada yang mencapai 8 hari saja. Jadi pertimbangkan dan baca baik-baik tenor pengembaliannya.

Untuk pemberi pinjaman yang legal, setidaknya memiliki tenor hingga 20 hingga beberapa bulan. Namun tentu saja dengan bunga dan biaya administrasi yang lebih besar.

4. Rekam Jejak Pemberi Pinjaman

Hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan mengambil pinjaman KTA adlaah rekam jejak pemberi pinjaman tersebut. Karena umumnya pemberi Pinjaman KTA menggunakan sistem digital yang ada di smartphone, Anda bisa melihat rekam jejak pelanggan mereka di Playstore atau AppStore.

Anda bisa mencari tahu apakah proses penagihannya sopan, melakukan pengingat sebelum jatuh tempo atau juga hal lain seperti keamanan data bisa Anda perhatikan. Selain itu, Anda bisa mencari nama perusahan pemberi pinjaman di internet apakah merupakan pemberi yang banyak bermasalah atau tidak.

5. Data Yang Dibutuhkan

Hal lainnya yang juga bisa menjadi pertimbangan Anda adalah mengenai data yang dibutuhkan dalam proses peminjaman. Data yang dibutuhkan tersebut bisa dibilang sangat sensitif seperti KTP dan foto pribadi. Ada baiknya jika Anda juga meninggalkan watermark pada dokumen yang dikirim sehingga tidak disalahkgunakan.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memilih Pinjaman KTA. Karena keadaan bisa bersifat mendesak, pinjaman jenis ini bisa diandalkan. Namun karena bunga tinggi, administrasi yang rawan dan juga tenor yang singkat bisa menjadi pertimbangan lainnya. Semoga informasi mengenai peminjaman melalui KTA ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.