Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pinjol Untuk Modal Bisnis

Modal bisnis merupakan sesuatu hal yang penting untuk pebisnis memulai usaha, namun juga menjadi persoalan ketika usaha yang sudah berjalan membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan supaya lebih luas pemasarannya, harus mencari dengan mengajukan piutang ke bank, akan tetapi terkadang pihak bank memberikan syarat yang sedikit ribet sehingga pelaku usaha lebih memilih dengan mencari modal tambahan dengan pihak lain, misalnya meminjam dari teman, koperasi bahkan pinjaman online.

Berkembangnya teknologi informasi dan internet yang semakin pesat membuat banyak lahirnya perusahaan fintech menjamur, hal ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang mungkin memiliki kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya karena modal usaha yang tidak cukup. Fintech ini menggarap khusus untuk membuat beberapa produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah pinjaman online, hal ini dikarenakan untuk melakukan pinjaman ke perusahaan pinjaman online (pinjol) syaratnya tidak terlalu ribet seperti pinjaman ke bank konvensional, menggunakan pinjol juga tidak harus memberikan agunan atau barang penjamin piutang atau harus tatap muka ketika ingin mengajukan pinjaman.

Menjamurnya Fintech membuat banyak masyarakat berbondong-bondong ingin mengajukan piutang akan tetapi tidak semua perusahaan Fintech dengan produk pinjol terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi pelaku usaha yang ini mencairkan sejumlah uang untuk modal usaha harus tetap hati-hati terhadap pinjol ilegal ini, Jika pinjol yang dipilih ilegal maka biasanya akan memberikan dampak buruk pada keamanan identitas diri dan usahanya, selain itu pinjol ilegal memberikan bunga piutang sangat tinggi daripada pinjol resmi.

Syarat Mengajukan Piutang Pinjamanan Online

Untuk mendapatkan pinjaman online dari Fintech, tentunya ada syarat yang harus dimiliki oleh pelaku usaha adalah sebagai berikut

  1. Memiliki Rekening Pribadi
    syarat utama supaya dapat mencairkan pinjaman online adalah memiliki rekening pribadi yang gunanya untuk transaksi pencairan uang dari perusahaan pinjol ke rekening Anda. biasanya syarat ketika mengisi form untuk pinjaman online berupa mengupload scan atau fotocopy rekening.
  2. Alamat Email Aktif
    syarat pinjaman online selanjutnya adalah memiliki email aktif yang bertujuan untuk pihak pinjol dapat menghubungi Anda selain nomor ponsel.
  3. Memiliki Penghasilan Tetap
    Ketika Anda memantapkan diri untuk melakukan pinjaman online tentu saja harus memiliki pekerjaan tetap, hal ini bertujuan supaya pencairan uang dari pinjol akan cepat cair. bukti sebagai memiliki pekerjaan, Anda bisa mengupload bukti slip gaji yang tertera pada form registrasi perusahaan pinjol.
  4. Memiliki Usia Cukup
    Kartika calon nasabah pinjol ingin mengajukan pencairan uang maka ada syarat batas usia yaitu minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, hal ini bertujuan bahwasanya calon nasabah sudah cukup dewasa untuk bertanggung jawab dalam melakukan pinjaman online.
  5. Memiliki Dokumen Lengkap
    syarat pinjaman online yang terakhir adalah memiliki dokumen yang lengkap sesuai permintaan dari perusahaan pinjol, kelengkapan dokumen seperti NPWP, KTP, SIUP (untuk modal usaha), hal ini bertujuan untuk mempercepat pencairan uang dan juga penentuan limit dari pinjol kepada perseorangan maupun pelaku usaha.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pinjol Untuk Modal Bisnis

Pinjaman online merupakan alternatif keuangan bagi Anda untuk mendapatkan tambahan modal usaha, dengan memanfaatkan pinjol dengan bijak dan tepat pastinya akan membuat usaha yang Anda miliki dapat tumbuh berkembang dan pinjaman online (Pinjol) dapat mendukung keberlangsungan usaha Anda menjadi lebih besar di masa depan.

  1. Perusahaan Pinjol Terdaftar Resmi OJK
    Walaupun syarat yang dibutuhkan mudah dan memiliki proses pencairan dana cenderung sangat cepat, namun Anda tetap harus berhati-hati karena saat ini perusahaan pinjol banyak yang ilegal dan tidak terdaftar di OJK, karena jika pinjol ilegal akan merugikan Anda dari sisi keamanan identitas diri dan juga dapat menuju ke cyber crime. sesuai regulasi pemerintah melalui OJK, pelayanan pinjol resmi hanya akan meminta akses kamera, mikrofon dan lokasi nasabah saja. namun jika ada pinjol yang meminta untuk bisa mengakses seluruh data yang ada di ponsel Anda maka hal ini bisa sangat berbahaya karena kedepannya akan ada kebocoran data sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti jual beli data KTP yang sedang marak saat ini.
  2. Cek Legalitas Pinjol
    pemerintah sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin meminjam uang melalui perusahaan pinjol yaitu dengan menghubungi kontak 157 atau layanan Whatsapp 0881-157-157-157, jika tidak terdaftar di OJK maka pinjol tersebut merupakan perusahaan ilegal dan Anda jangan sampai tergiur dari promo-promonya.

Mengajukan Cicilan Sesuai Kemampuan
Dalam mengajukan pinjaman online Anda harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan untuk modal usaha dan juga berapa nominal yang sanggup Anda bayar setiap bulannya, walaupun termasuk piutang yang sehat tapi meminjam untuk modal usaha harus dikelola secara efektif dan efisien sehingga tidak adanya keterlambatan dalam membayar piutang.

Leave a comment

Your email address will not be published.