Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ambil Pinjaman

Dalam kondisi mendesak, kita seringkali membutuhkan pinjaman entah itu dari rekan kita atau juga dari pihak pemberi pinjaman seperti bank. Hanya saja kita perlu berhati-hati saat akan mengambil hutang tersebut. Untuk membantu Anda dalam pertimbangan untuk mengambil hutang atau pinjaman, berikut ini ada hal penting yang perlu Anda perhatikan.

1. Berapa Banyak

Langkah pertama dalam memilih pinjaman adalah mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan kurang dari jumlah pinjaman yang ditawarkan oleh bank dalam jumlah minimum, Anda bisa mempertimbangkan untuk meminjam uang dari teman atau anggota keluarga terlebiih jika Anda dalam keadaan darurat. Karena tentu saja Anda ingin menghindari bunga.

2. Seberapa cepat saya membutuhkan dana?

Beberapa pemberi pinjaman pinjaman pribadi mengirimkan dana secara elektronik pada hari yang sama Anda disetujui.  Pemberi pinjaman lain membutuhkan hingga 10 hari kerja.  Jika akses cepat ke uang penting untuk situasi Anda, pastikan untuk memilih pemberi pinjaman dengan pengiriman cepat.

3. Tenor atau Lamanya Pengembalian

Anda harus mulai membayar pinjaman kembali dengan cicilan yang bervariasi mulai dari beberapa bulan hingga dalam waktu 30 hari saja. Kebanyakan pemberi pinjaman memberikan jangka waktu pembayaran antara enam bulan dan tujuh tahun.  Tingkat bunga dan pembayaran bulanan Anda akan dipengaruhi oleh lamanya pinjaman yang Anda pilih, ini yang perlu Anda pertimbangkan.

4. Tingkat Bunga 

Tingkat Bunga yang Anda miliki tergantung pada sejumlah faktor, termasuk skor kredit Anda, jumlah pinjaman dan tenor Anda. Suku bunga bisa serendah 3,49% dan setinggi 29,99% atau bahkan lebih. Biasanya, Anda akan mendapatkan tingkat bunga terendah ketika Anda memiliki skor kredit yang baik atau sangat baik dan Anda memilih jangka waktu pembayaran sesingkat mungkin.

5. Kemampuan Membayar Pinjaman

Dalam memilih dan mempertimbangkan pinjaman, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kemampuan Anda dalam membayar pinjaman. Ada sebuah aturan yang umum dipakai yakni peminjam tidak boleh mengambil hutang lebih dari 35% hingga 43% dari pendapatannya. Jadi, jika gaji bulanan Anda adalah 4 juta rupiah maka idealnya hutang Anda tidak lebih dari 1,7 juta rupiah.

6. Apakah Memiliki Skor Kredit Baik

Untuk melakukan pinjaman, tidak hanya Anda saja yang melakukan pertimbangan namun juga pihak pemberi pinjaman melalui skor kredit. Sebagian besar pemberi pinjaman pinjaman pribadi mencari pelamar untuk memiliki nilai kredit yang baik, terutama bank online. Namun, jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan bank, Anda mungkin mendapatkan persetujuan.

Anda bisa mengecek skor kredit bank Anda di OJK, apakah Anda memiliki daftar hitam karena tunggakan atau apakah Anda pernah terlambat dalam membayarkan hutang akan sangat berpengaruh pada skor kredit Anda.

7. Jenis Pinjaman

Ada banyak jenis pinjaman mulai dari KTA, KMG hingga KUR. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila itu merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan Anda tidak khawatir dengan bunga yang tinggi maka KTA bisa menjadi pilihan Anda. Namun bila Anda menginginkan modal dengan jumlah besar untuk usaha, KMG dan KUR bisa menjadi pilihan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam mengambil atau memilih pinjaman. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan saat menentukan untuk mengambil pinjaman karena tergiur dengan jumlah yang besar. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda sehingga bisa memaksimalkan kualias finansial Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.