Cara Mengajukan Pinjaman di GoModal

Para pelaku usaha di berbagai bidang saat ini banyak yang harus menelan pahitnya omzet yang terus menurun bahkan tak sedikit yang akhirnya terpaksa gulung tikar. Usaha kuliner merupakan salah satu yang terdampak karena setiap orang pasti akan memilih untuk berhemat dengan memasak makanan sendiri. Namun di tengah kesulitan yang melanda sekarang ini, ada salah satu perusahaan transportasi online yakni Gojek yang meluncurkan fasilitas pinjaman untuk para mitranya. 

Fasilitas tersebut awalnya diberi nama PMU atau Pinjaman Modal Usaha dan berganti nama menjadi GoModal. Diluncurkan sejak September 2018 lalu dan hingga saat ini sudah banyak membantu mitra usaha Gojek yang terintegrasi dengan GoFood untuk mengembangkan usahanya. Dengan adanya GoModal, para pelaku usaha bisa menggunakan pinjamannya untuk menggaji karyawan, sewa tempat usaha, membeli perlengkapan penunjang seperti meja, kursi, alat masak, dan kebutuhan penting lainnya.

Syarat Pengajuan Pinjaman di GoModal

GoModal memiliki beberapa syarat untuk pengajuan pinjaman yakni sebagai berikut :

  1. Diperuntukkan hanya untuk mitra Gojek dibidang kuliner yaitu GoFood yang memiliki 1 outlet saja dan sudah terkonfirmasi sebagai pemilik usaha.
  2. Bagi yang sudah memiliki  beberapa outlet maka bisa menghubungi Pusat Bantuan Mitra bisnis Gojek.
  3. Mitra usaha sudah memiliki akun GoBiz, layanan dari Gojek untuk memudahkan pengelolaan usaha seperti mencatat setiap pesanan yang masuk, mengatur ketersediaan menu hingga menarik pelanggan dengan promo.
  4. Usaha yang dijalankan sudah melakukan transaksi minimal 20 kali tiap bulannya dan berlangsung selama 3 bulan.
  5. Memiliki 50 konsumen atau pelanggan selama 1 bulan.
  6. Wajib memiliki akun GoPay yang aktif.

Layanan ini bisa mendanai para mitra bisnis Gojek hingga Rp 500 juta rupiah tanpa agunan atau jaminan dan proses pencairannya hanya butuh waktu maksimal 2 hari saja. Jangka waktu pinjaman yang diberikan mulai dari 2, 3, hingga 12 bulan dan cicilannya bisa dibayarkan melalui aplikasi GoBiz. Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman di GoModal ? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka GoBiz

Jika Anda mengakses GoBiz melalui website www.gobiz.co.id maka klik “Layanan” pada halaman utama kemudian pilihlah “GoModal”. Pada aplikasi GoBiz, klik “Lainnya”, selanjutnya Anda bisa memilih “GoModal”.

  1. Pada halaman GoModal, akan terlihat informasi mengenai berapa maksimal total pinjaman beserta jangka waktu yang berhak Anda dapatkan.
  2. Jika Anda menyetujuinya maka tinggal klik “Ajukan pinjaman modal” kemudian isikan nominal pinjaman dan jangka waktu yang diinginkan. Dari sini Anda bisa mengetahui besaran nominal cicilan per harinya yang bisa terpotong otomatis dari saldo GoPay milik Anda. 
  3. Setelah memilih, GoModal akan memberikan rincian biaya-biaya seperti jumlah cicilan per bulan maupun per harinya, biaya administrasi dan total pencairan.
  4. Kemudian sebelum melanjutkan proses pengajuan pinjaman, maka pastikan terlebih dahulu bahwa data Anda seperti nama bank, rekening, nomor handphone dan alamat sudah benar.
  5. Apabila ada kesalahan pada data-data tersebut maka hubungi dahulu customer service.
  6. Selanjutnya Anda akan melalui tahap verifikasi yaitu hanya dengan upload e-ktp dan foto selfie dengan memegang e-ktp. Tunggu sampai GoModal memberi keputusan pengajuan Anda diterima atau ditolak.
  7. Apabila pengajuan diterima oleh GoModal maka Anda harus menambahkan beberapa informasi tambahan antara lain nama Ibu Kandung, alamat email, serta pendidikan terakhir.
  8. Kemudian Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak secara digital, diberikan waktu maksimal 1 jam. GoModal akan mengirimkan kode OTP di nomor handphone Anda yang terdaftar. Tunggu konfirmasi dari GoModal untuk proses pencairan maksimal 2 hari sejak pengajuan.

Tidak hanya kemudahan pengajuan tetapi cara membayar cicilannya pun juga sangat mudah. Prosesnya cepat dan bisa langsung masuk ke rekening yang sudah terdaftar di akun GoBiz, berikut caranya :

  1. Masuk atau login ke akun GoBiz yang Anda miliki melalui aplikasi.
  2. Klik “Lainnya” pada halaman utama yang berada di kanan bawah.
  3. Pilihlah “GoModal”
  4. Saat sudah berada di halaman GoModal pilih “Kartu tagihan” kemudian “Bayar”. Pilih “Cicilan berjalan” (jika ada) lalu klik “Rincian” kemudian “Bayar Cicilan”.
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis pembayaran yang disediakan. Pembayaran cicilan pada GoModal baru bisa dilakukan melalui BCA Virtual Account.
  6. Salinlah kode virtual account lalu Anda bisa bayarkan lewat M-Banking, ATM BCA, maupun Klik BCA.
  7. Klik “Selesai” jika pembayaran sudah dilakukan.

Setelah membaca penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa mengajukan pinjaman pada GoModal itu sangat mudah dan simpel. Meskipun hanya beberapa mitra usaha Gojek terpilih yang bisa mengajukan pinjaman namun layanan GoModal adalah salah satu alternatif terbaik untuk membantu para mitra mengembangkan usahanya.

Leave a comment

Your email address will not be published.