Cara Memperbaiki Skor Buruk saat Cek BI

Skor kredit buruk selalu menjadi alasan utama ditolaknya pengajuan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hal ini sangat wajar karena logikanya tentu bank tidak ingin memberikan pinjaman pada orang yang sudah memiliki catatan buruk dalam pembayaran hutang. Resiko memberikan pinjaman kepada orang tersebut sangatlah tinggi karena bisa jadi mangkir saat harus melunasi pinjaman. 

Itulah mengapa skor kredit mempunyai peran penting untuk menentukan lolos atau tidak pengajuan kredit yang dilakukan seseorang, apalagi untuk kredit rumah. Sehingga, bila kamu ingin permohonan KPR disetujui, ada baiknya cara tahu dulu skor kredit mu baik ketika proses BI checking. 

Nah, bagaimana bila skor kredit mu ternyata buruk? Apa mungkin bisa diperbaiki? Walaupun memakan waktu dan tidak mudah, tetapi skor buruk di BI checking bisa kamu perbaiki dengan beberapa cara berikut ini. 

Apa Itu Skor Kredit BI Checking 

Skor kredit adalah sistem penilaian dari bank yang mencerminkan kualitas dari kredit mu. Angka tersebut seperti nilai rapor mu untuk pembayaran angsuran kredit yang telah bank berikan. Sehingga, semakin kamu baik dan disiplin saat membayar pinjaman, otomatis skor kredit mu juga semakin bagus. 

Oleh karena itu, jangan sampai kamu memiliki kredit yang buruk, sebab hal tersebut bisa menghambatmu saat ingin mengajukan pinjaman kepada bank, atau mungkin sama sekali tidak bisa mengajukan pinjaman. 

Tips Memperbaiki Skor Kredit 

Jika kamu sudah mengetahui skor kredit, sekarang waktunya menentukan langkah berikutnya. Apabila skor kredit mu baik, maka kamu dapat langsung melakukan pengajuan KPR dengan sangat percaya diri. Namun, bila nyatanya skor kredit ada di angka 2-5, maka waktunya kamu untuk memperbaiki diri. 

Di bawah ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna memperbaiki skor kredit. 

  1. Melunasi tunggakan 

Coba kamu cek hutang apa saja yang kamu punya saat ini. Dari semua hutang tersebut, lihat mana yang menunggak. Kamu harus langsung membayar tunggakan dan denda supaya catatan kredit mu kembali bersih. Sesudah membayar, pastikan kamu menginformasikan hal tersebut pada pihak bank, sehingga mereka dapat memperbaiki riwayat kredit mu pada BI. 

  1. Lunasi dan kurangi berhutang 

Ketika ingin mengajukan KPR, ada baiknya kamu sudah tidak mempunyai hutang lain yang masih ada. Karena hal tersebut menjadi pertimbangan bank untuk menyetujui pengajuan KPR mu dan menentukan plafon pinjaman. 

Total hutang ini pun dapat kamu lihat pada data iDeb SLIK dan akan mempengaruhi skor kredit mu. Pastikan jumlah hutang mu masih ada pada batas aman yaitu tidak lebih dari 30% jumlah gaji. 

  1. Membayar tagihan tepat waktu 

Terlambat membayar kredit menjadi penyebab skor kredit buruk di BI, khususnya tagihan kartu kredit. Dampaknya, terdapat tunggakan yang tercatat pada riwayat kredit mu. Langsung hilangkan kebiasaan tersebut dengan disiplin membayar cicilan tepat waktu. Jika perlu, kamu bisa pasang alarm di smartphone sehari sebelum jatuh tempo. 

  1. Jangan berhutang lagi 

Ketika skor kredit mu sudah merah, maka jangan pernah kamu mengajukan hutang baru. Ini pun termasuk berhutang pada kartu kredit. Lebih baik hindari terlebih dahulu penggunaan kartu kredit hingga semua hutang yang ada telah kamu lunasi. 

Jika perlu kamu simpan kartu kredit tersebut pada tempat yang sulit untuk kamu akses, supaya kamu dapat mengurangi hutang dan fokus memperbaiki skor kredit yang sudah merah tersebut. 

  1. Benahi cara pengelolaan keuangan 

Cara terakhir yang bisa kamu perbaiki untuk catatan kredit yaitu mengevaluasi lagi kondisi finansial. Selama ini mungkin kamu lalai tidak membayar tagihan atau telat membayarnya sebab kondisi finansial sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu, kamu harus kroscek lagi pemasukan dan pengeluaran mu setiap bulannya. 

Cari tahu pos mana yang banyak menyedot penghasilan mu sangat besar dan kamu coba kurangi biaya tersebut. Biasakan untuk mencatat dan buat budget bulanan supaya tidak lagi ada kebocoran dana, sehingga pembayaran cicilan dan kredit tidak terganggu. 

Memang tidak mudah untuk memperbaiki skor kredit. Dibutuhkan niat yang kuat, konsisten dan disiplin tinggi untuk menjalani hal tersebut. Aspek tersebut pun diperlukan, sebab membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bank dan BI memperbarui status kredit mu menjadi “Lancar” sesudah seluruh hutang lunas. 

Bahkan bila kamu tadinya masuk dalam blacklist, perlu waktu sampai 24 bulan untuk memperbaiki status kredit mu. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk mengatur keuangan dengan benar sejak dini. Memiliki hutang sah-sah saja, dengan catatan kamu harus disiplin untuk membayar cicilannya. 

Jangan sampai kelalaian mu mengatur hutang sekarang ini menjadi kamu kesulitan untuk memperoleh pinjaman penting misalnya KPR rumah di masa depan nanti. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu, ya! 

Leave a comment

Your email address will not be published.